Monday, December 26, 2016

Tips Menjadi Pembawa Berita Hebat dari Presenter RCTI

Tips Menjadi Pembawa Berita Hebat dari Presenter RCTI

Anda yang punya keinginan bekerja sebagai pembawa berita, sebaiknya menyimak berbagai macam tips berikut, yang onjuiq.com kutip dari okezone.
Nawayogi Kusuma, News Anchor program Seputar Indonesia RCTI, menjadi narasumber dalam acara pelatihan news presenting yang diadakan Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) DPP Garda Rajawali Perindo (GRIND).

Dalam pemaparannya, wanita yang akrab disapa Nawa itu menceritakan tentang pengalamannya sebagai presenter berita. Menurutnya, menjadi news presenter harus berawal jadi reporter terlebih dahulu.

"Setelah dia sukses menjadi reporter, nah dia bisa naik ke presenter atau news presenter," katanya di Gedung DPP Perindo, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/12/2016).

Untuk menjadi seorang news presenter atau reporter tidaklah sulit, asal memiliki motivasi belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi, setiap orang mampu untuk menjadi reporter.

Ia menjelaskan, seorang reporter ataupun news presenter haruslah memiliki artikulasi yang bagus, sehingga pemirsa dapat mengerti apa yang akan dibawakan. Untuk mempelajarinya, dapat belajar secara otodidak (belajar sendiri).

"Jadi kita latihan di depan kaca. Jadi pertama kita harus bisa meyakinkan orang lain, kita harus smart, tentu dengan membaca, belajar dan menonton TV. Pokoknya apa saja yang kita lakukan untuk meningkatkan pengetahuan," tutur Nawa.

Lebih dari itu, ketika hendak membawakan suatu narasi berita, presenter harus menyampaikannya secara jelas dan mempersiapkan segala sesuatunya.

"Kita harus bisa menyampaikan sesuatu dengan jelas, artikulasinya harus jelas, jangan datar saja. Jadi ada penekanan, intonasi tidak datar dalam berartikulasi. Kita harus memberi keyakinan, karena kita tahu dan mengerti. Jadi sebelum siaran, kita harus mengerti dulu materinya. Satu lagi, jadikan kamera itu sebagai sahabat kita," pungkas dia.

Pantauan di lokasi, acara ini dipadati sekira 150 peserta. Peserta yang datang merupakan pelajar dan mahasiswa dan terlihat sangat antusias menyambut acara ini.

Sekadar diketahui, Bidang Infokom DPP GRIND telah terbiasa menyelenggarakan pelatihan terkait media dan jurnalistik untuk para pelajar dan mahasiswa. Acara yang biasa disebut Kelas Senin ini diharapkan akan melahirkan jurnalis berbakat dan siap untuk memasuki lapangan kerja.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menjadi Pembawa Berita Hebat dari Presenter RCTI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.