Wednesday, April 17, 2019

Cara Membuat Strategi Procurement di B2B Ecommerce yang Tepat

Pengadaan barang dan jasa merupakan momen yang penting bagi sebuah perusahaan. Sebab, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan. Sekarang, pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan dengan B2B ecommerce agar lebih efisien. Namun, ketahui juga strategi dalam pengadaan barang yang tepat, ya! 

B2b Ecommerce


1. Sebelum Pilih B2B Ecommerce Tempat Belanja, Pahami Dulu Kebutuhan Perusahaan
Sebelum kamu memilih berbelanja kebutuhan perusahaan di mana, baiknya pahami dulu kebutuhan perusahaan secara mendalam. Hal ini bertujuan untuk menentukan strategi berbelanja yang benar. Analisis ini tidak hanya soal barang dan layanan yang harus diadakan, namun melibatkan evaluasi performa pada periode sebelumnya serta anggaran dan target.

Tim yang ditunjuk untuk melakukan pengadaan barang wajib melihat kembali bagaimana strategi dalam pengadaan barang yang sebelumnya. Misalnya, apakah masih relevan atau perlu yang namanya pembaharuan untuk menyesuaikan dengan tantangan yang dihadapi perusahaan saat itu juga.

2. Komunikasikan dengan Mereka yang Terlibat sebelum Pilih B2B Ecommerce
Selain itu, sebelum menunjuk mana ecommerce tempat belanja, baiknya kamu komunikasikan dengan mereka yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa juga untuk ke depannya. Hal ini bertujuan untuk memperoleh input yang membangun. Perencanaan strategis harus diketahui semua pihak terkait terlebih mereka yang berada di garis terdepan.

Kamu juga harus memberitahu pihak manajerial agar ia bisa memberikan gambaran atau masukan untuk menyesuaikan dengan visi dan misi serta budaya perusahaan itu. Dengan ini, akan ada yang membantu memberikan keputusan terbaik untuk ke depannya.

3. Tentukan Target Pengadaan dalam Memutuskan B2B Ecommerce
Setelah itu, tentukanlah tujuan dari pengadaan barang baik jangka panjang maupun jangka pendeknya. Tujuan jangka pendek biasanya lebih bersifat realistis. Sedangkan untuk tujuan jangka panjang biasanya berhubungan dengan tujuan perusahaan sehingga bisa lebih efekstif dan efisien di masa mendatang.

4. Tentukan Priorotas Utama dalam Berbelanja di B2B Ecommerce
Lalu, tentukanlah prioritas utama. Mana yang harus didahulukan dan akan memberikan dampak yang lebih pada jalannya perusahaan kamu. Sedangkan untuk prioritas sampingan, kamu bisa memenuhinya kemudian.

5. Eksekusi Strategis dalam Pengadaan Barang di B2B Ecommerce
Jika sudah selesai, saatnya kamu dan tim melakukan eksekusi terhadap strategi yang sudah dilakukan sebelumnya. Tim haruslah bisa memetakan alur kerja dan mengantisipasi celah atau tantangan tak terduga dalam hal pembelanjaan barang ini. Misalnya saja, jumlah dana yang dikeluarkan ternyata lebih besar dari perkiraan dan semacamnya.

Segala kegiatan pengadaan barang dalam proses eksekusi ini perlu dimonitor terus untuk melihat bagaimana dampaknya terjadap perusahaan. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa strategi yang lama belum tentu sama hasilnya dengan yang baru dan oleh sebab itu kamu tetap harus melakukan evaluasi setelah proses eksekusi dilakukan.

Daripada kamu bingung dalam memilih ecommerce yang menyediakan seluruh barang kebutuhan perusahaan dengan harga terbaik, kamu bisa percayakan pada MbizMarket saja. MbizMarket solusi pengadaan online no 1 di Indonesia yang menawarkan puluhan ribu produk terbaik dengan harga terjangkau dan berasal dari vendor yang bisa dipercaya!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membuat Strategi Procurement di B2B Ecommerce yang Tepat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.