Monday, April 15, 2019

Ibu Harus Tahu, Ini Makanan Sehat Untuk Bayi

Makanan bagi anak anak atau bayi merupakan salah satu faktor penting agar pertumbuhan bayi bisa optimal. Pada umum ya bayi sudah bisa diberi tambahan makanan sehat untuk bayi selain asi pada usia 4-6 bulan keatas. 

Makanan Sehat Untuk Bayi


Tapi sebelum memberikan bayi asupan makanan tambahan, Ibu juga harus mengerti dan tahu tanda-tanda bayi sudah siap mendapatkan asupan tambahan makanan tersebut. Tanda tanda kesiapan bayi bisa mendapatkan asupan makanan tambahan bisanya muncul pada usia bayi 4-6 bulan, namun biasanya Dokter menyarankan diusia 6 bulan keatas.

Salah satu tanda bayi sudah bisa mendapatkan makanan tambahan  diantaranya :
Berat badannya sudah naik dua kali lipat dari bobot lahirnya.
Dia sudah bisa mengangkat leher dan kepalanya.
Dia mulai nampak tertarik dengan apa yang Anda makan, misalnya dengan mencoba untuk meraih makanan dari piring Anda.
Terlihat kelaparan walau baru saja diberi susu.
Dia bisa menahan makanan di dalam mulut.

Nah jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat, Ibu sudah bisa memberikan Makanan Sehat Untuk Bayi yang diantaranya adalah :

1. Pisang
Buah satu ini memang sudah diketahu banyak Ibu tentang khasiatnya untuk bayi. Buah pisang mengandung banyak karbohidrat yang akan memberikan energi untuk bayi agar mereka bisa bergerak aktif. Selain Karbo pisang juga mengandung banyak serat yang berkhasit melancarkan pencernaan bayi.


2. Bayam
Seperti diketahui bayam banyak mengandung Vitamin, Mulai dari Vitamin A, B, C, juga mengandung mineral, asam folat, kalsium, mangan, fosfor, hingga zat besi. Bayam sangat berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi karena banyaknya kandungan baik di dalamnya.

3. Alpukat
Buah ini punya kandungan lemak dan protein yang tinggi karena itu buah ini punya banyak manfaat jika dikonsumsi oleh bayi. 

Dalam memilih buah alpukat, sebaiknya pilihlah buah alpukat yang berkualitas untuk bayi anda. Buah alpukat harus benar-benar matang. Sebelum mengolahnya, anda harus mencuci terlebih dahulu luarnya. Kemudian kupas dan hancurkan dagingnya.

4. Pepaya
Buah ini mengandung Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C dan Vitamin E9. Selain itu, di dalam buah pepaya juga terkandung kalium, tiamin, niasin, zinc, zat besi dan mineral yang lainnya dan tentunya baik untuk perkembangan bayi. Ada banyak manfaat buah pepaya untuk bayi seperti, mengatasi sulit buang air besar, karena didalam buah pepaya juga terkandung enzim papain dan serat yang baik untuk sistem pencernaan bayi.

5. Wortel
Wortel terkenal dengan kandungan beta karotennya, Kandungan beta karoten di dalam tubuh akan menjadi vitamin A. Dimana kandungan tersebut memiliki peran dalam pertumbuhan bayi, serta membuat penglihatan menjadi sehat. Wortel memiliki rasa manis alami sehingga bayi akan menyukainya. Anda dapat menyajikan wortel matang dengan dipotong-potong panjang saat si kecil sudah mampu makan sendiri.

6. Kuning Telur
Bagian kuning telur sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang otak dan kesehatan bayi karena banyak mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B12, seng dan kolin. Tapi sebelum memberikan kuning telur pada bayi, lihat dulu apakah diketurunannya ada yang punya riwayat alergi, jika ada segera hentikan pemberian kuning telur ini.

7. Ubi Jalar
Ubi jalar berkhasiat untuk membantu mencegah radial bebas dan kanker ini karena ubi jalar mengandung banyak potasium, beta karoten, vitamin C dan antioksidan.

Nah itulah beberapa makanan sehat untuk bayi yang bisa digunakan Ibu untuk membuat MPASI ( Makanan Pendamping Air Susu Ibu ). Ingat untuk selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati Ibu.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ibu Harus Tahu, Ini Makanan Sehat Untuk Bayi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.