Monday, July 15, 2019

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Berbasis Syariah untuk Masa Depan Si Kecil


Asuransi pendidikan syariah

Sebagai orang tua, mempersiapkan masa depan anak adalah hal yang terpenting, terutama dalam bidang pendidikan. Asuransi pendidikan syariah menjadi solusi yang tepat bagi Anda untuk mempersiapkan segala kemungkinan karena kita tidak pernah tahu kapan musibah akan datang. Berikut ini adalah cara memilih asuransi.

1. Sesuaikan jumlah dana dengan target biaya pendidikan
Premi asuransi dibayarkan sebagai simpanan untuk pendidikan anak kedepannya. Penting untuk memiliki bayangan mengenai pilihan sekolah yang dituju sehingga kita bisa menghitung biaya yang diperlukan. Perhatikan pula mengenai kenaikan biaya sekolah yang mungkin terjadi, baru kemudian sesuaikan dengan kemampuan Anda.

2. Carilah informasi mengenai produk perusahaan asuransi pendidikan
Sebelum memilih produk asuransi pendidikan, Anda harus mengumpulkan berbagai referensi mengenai produk tersebut seperti layanan yang diberikan, besaran premi, mekanisme yang berlaku, dan pastikan jika asuransi pendidikan tersebut dijalankan berdasarkan syariat dengan memenuhi berbagai unsur syariah.

3. Pastikan ada Dewan Pengawas Syariah (DPS)
Semua perusahaan asuransi syariah, termasuk asuransi pendidikan memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS). Setiap anggota di dalamnya memahami benar bagaimana sistem ekonomi syariah. Oleh karena itu, pastikan jika perusahaan asuransi yang hendak Anda pilih memiliki DPS untuk mengatur, mengawasi dan menjamin produk asuransi.

4. Pelajari akad asuransi yang dibuat
Kesepakatan dalam perjanjian syariah atau akad memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak. Anda wajib mempelajari akad tersebut dengan detail dan jangan sampai ada yang terlewat. Pastikan jika Anda memahaminya dengan baik dan menyetujui pasal atau ketentuan dalam akad.

5. Pilih agen asuransi terbaik
Banyaknya perusahaan asuransi mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilihnya. Pastikan jika agen asuransi yang Anda pilih merupakan anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan memiliki nomor keanggotaan agar Anda bisa mendapatkan asuransi pendidikan syariah terbaik.

6. Manfaatkan promo agar polis lebih murah
Ketika Anda berhadapan dengan agen asuransi, jangan malu untuk bertanya diskon atau promo yang bisa diperoleh. Persaingan yang ketat di dunia bisnis asuransi biasanya akan membuat para agen dan perusahaan asuransi memberikan berbagai promo menarik untuk nasabah.

Demikian informasi mengenai cara memilih asuransi pendidikan syariah untuk masa depan anak yang lebih baik. Pastikan jika asuransi tersebut memenuhi unsur syariah dan memberikan keuntungan bagi Anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Berbasis Syariah untuk Masa Depan Si Kecil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.