Tuesday, August 27, 2019

Apa yang Harus Diperhatikan saat Memilih Asuransi Pendidikan?


Pentingnya Memiliki Asuransi Pendidikan

Bagaimana sih cara memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anak? Mungkin itulah hal yang terlintas di benak kamu ketika pertama kali terlintas untuk memiliki asuransi pendidikan. Sebenarnya, hal itu juga saya rasakan dulu. Saya bingung dalam memilih asuransi pendidikan terbaik. Kalau kamu mau, ini dia hal yang harus kamu perhatikan! 

Sebelum mengetahui apa saja yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan, ada baiknya kamu ketahui lebih dulu apa pentingnya memiliki asuransi pendidikan. Bukan apa, tujuan saya menjelaskan hal ini adalah agar kamu yang masih ragu untuk memilikinya tersadar betapa pentingnya memiliki ini. 

Secara singkat, asuransi ini bisa melindungi dana pendidikan anak. Namun, bila dilihat secara khusus, asuransi ini bisa memberikan perlindungan yang lebih besar termasuk bila terjadi risiko terhadap keluarga yang mencari nafkah dan menyebabkan penghasilan di keluarga tersebut berhenti. Misalnya saja, terjadi penyakit kritis atau meninggal dunia. 

Kalau kondisi ini terjadi, maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan yang bisa digunakan untuk dana pendidikan anakmu. Kamu dan keluarga yang lain jadi tak perlu lagi memikirkan bagaimana memenuhi biaya pendidikan anak tatkala masa-masa sulit itu terjadi. 

Pilihan Asuransi Pendidikan
Mungkin selama ini kamu hanya tahu asuransi pendidikan ya asuransi pendidikan. Padahal, sebenarnya asuransi ini terbagi ke dalam beberapa pilihan. Pertama adalah asuransi dwiguna. Asuransi yang satu ini memiliki nilai asuransi dan tabungan di dalamnya. Asuransi ini akan memberikan perlindungan pendidikan anak jika terjadi risiko.

Sedangkan untuk tabungannya bisa digunakan bila tak terjadi risiko pada anak. Selain itu, ada juga jenis asuransi unitlink. Asuransi ini memiliki unsur asuransi dan unsur investasi di dalam satu produk asuransi. Investasi yang ada di dalamnya dijamin dan bisa digunakan untuk membayar biaya asuransi yang ada. 

Lalu, ada juga asuransi berjangka atau disebut juga dengan term life. Asuransi ini bisa dibilang asuransi murni yang di dalamnya tak ada unsur tabungan dan tak ada juga unsur investasi. Biasanya, asuransi yang satu ini hanya digunakan dalam jangka waktu tertentu di mana orang tua sedang mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. 

Oleh sebab itulah asuransi ini hanya akan melindungi dana pendidikan anak apabila terjadi risiko meninggal dunia kepada si tertanggung yang dalam hal ini adalah pencari nafkah. Selain itu, kalau kamu memilih asuransi yang satu ini, kamu juga harus menyiapkan dana pendidikan lain untuk berjaga-jaga. 

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Asuransi Pendidikan Anak

1. Kebutuhan Pendidikan Anak
Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih asuransi untuk pendidikan anak adalah kebutuhan pendidikan anak. Bagaimana caranya kamu bisa tahu apa saja yang dibutuhkan pendidikan anak? Memang sudah mengetahui angka pastinya. Namun, setidaknya kamu bisa menyusun rencana pendidikan anak semisal di mana akan menyekolahkan mereka nanti. 

Tentunya, kamu harus melibatkan anak dalam hal ini karena bagaimanapun nantinya mereka yang akan menjalaninya. Apabila rencana sudah disusun, kamu bisa tahu berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke sekolah tersebut. 

2. Kondisi Anggaran Keuangan
Selain mengetahui apa yang dibutuhkan pendidikan anak, kamu juga harus tahu kondisi keuanganmu sendiri. Kamu bisa melakukannya dengan mengevaluasi anggaran keuangan yang kamu miliki. Berdasarkan prediksi jumlah biaya pendidikan, kamu bisa memperkirakan jumlah yang seharusnya bisa disisihkan setiap bulan selama beberapa tahun ke depan. 

Dengan hal ini, tak mustahil target jumlah biaya pendidikan yang diinginkan bisa tercapai. Dengan melakukan evaluasi ini juga, kamu bisa melakukan prioritas dalam mengalokasikan dana sehari-hari agar pembayaran asuransi pendidikan anak tak terganggu. 

3. Fasilitas dan Manfaat yang Ditawarkan
Hal lain yang juga harus kamu lihat dalam memilih asuransi pendidikan anak adalah fasilitas dan manfaat yang ditawarkan. Ingat, ada banyak produk asuransi pendidikan di luar sana yang menawarkan berbagai fasilitas dan manfaat terbaik. Namun, apakah fasilitas dan manfaat itu sudah sesuai dengan perencanaan kebutuhan pendidikan anakmu? 

Sebagai contoh, bila saat ini anak kamu masih bersekolah di bangku SD dan kamu sudah mau mempersiapkan biaya kuliahnya, kamu bisa mencari asuransi pendidikan yang memiliki masa pertanggungan cukup lama. Kalau saya, memang memilih yang ini. Oleh sebab itu saya putuskan memilih asuransi Sequis EduPlan Insurance karena pertanggungannya 18 tahun. 

4. Pembayaran Premi
Ada baiknya kamu juga memperhatikan pembayaran premi dari asuransi tersebut. Agar dana asuransi pendidikan bisa terkumpul, kamu harus membayar asuransi dengan jumlah tertentu hingga batas waktu yang telah ditentukan. Pastikanlah jumlah premi ini tidak memberatkan keuanganmu sehingga keadaan finansial kamu kacau. 

Oleh sebab itu, melakukan evaluasi keuangan adalah hal paling dianjurkan sebelum kamu memilih asuransi pendidikan. Kamu bisa mengukur kemampuan finansialmu dengan cara ini. Selain itu, cari tahu juga konsekuensi yang bisa kamu hadapi di kemudian hari bila terlambat membayar premi. Pasalnya, kamu tak akan tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari, kan? 

5. Ketentuan Klaim Asuransi
Jangan lupa juga untuk mencari tahu bagaimana ketentuan klaim asuransi pendidikan yang telah dipilih. Umumnya, premi yang sudah dibayarkan tak bisa dicairkan hingga batas waktu yang telah disepakati sebelumnya. Namun jika sudah, carilah tahu bagaimana cara melakukan klaim semisal berapa lama prosesnya dan siapa yang boleh melakukan klaim. 

Bila saat ini kamu masih bingung dalam mencari asuransi pendidikan yang tepat untuk buah hatimu, izinkan saya merekomendasikan salah satu penyedia asuransi pendidikan terbaik. Ia adalah Sequis yang menyediakan banyak sekali produk asuransi pendidikan dengan perlindungan maksimal. 

Beberapa produk yang bisa kamu pilih adalah TelePro Beasiswa Berjangka, EduPlus, Sequis EduPlan Insurance, Sequis EduPlan dan Sequis Gobal EduPlan Insurance. Kalau saya, lebih memilih asuransi Sequis EduPlan Insurance. Seperti yang saya singgung sebelumnya, asuransi ini memberikan masa perlindungan yang cukup panjang. 

Lamanya adalah hingga 18 tahun. Dari sini saya hanya perlu membayar premi selama 8 tahun saja. Beberapa manfaat yang bisa saya dapatkan dari asuransi ini adalah manfaat kematian akibat kecelakaan yang dibayarkan sebesar 200% dari uang pertanggungan. Sedangkan preminya cukup murah, hanya Rp8.900,- per hari. 

Namun, kalau kamu ingin mendapatkan asuransi pendidikan dengan premi yang lebih murah, kamu bisa pilih asuransi TelePro Beasiswa Berjangka saja. Sama seperti Sequis EduPlan Insurance, kamu akan mendapat perlindungan hingga 18 tahun dan hanya membayar premi Rp6.500,- saja per hari. 

Jadi, bagaimana? Masih bingung memilih asuransi pendidikan yang terbaik dan tepat untukmu dan anakmu? Kamu bisa menerapkan hal di atas bila masih bingung. Kalau mau mudah, pilih saja Sequis. Selain bisa menemukan banyak produk, kamu juga bisa berkonsultasi dengan pihak CS. Mereka akan bantu menemukan produk terbaik untukmu.

Bagikan

Jangan lewatkan

Apa yang Harus Diperhatikan saat Memilih Asuransi Pendidikan?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.