Friday, September 6, 2019

5 Tips Jitu untuk Merawat Rem Motor dan Mobil agar Awet dan Tahan Lama!

Kampas Rem
Sumber:  Shopee.co.id

Hampir setiap hari kendaraan transportasi digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi tak sedikit pengendara alat transportasi yang lupa untuk memperhatikan atau merawat kendaraannya sehingga membuat umur spare part pada kendaraan tersebut menjadi tidak awet.

Dan salah satu bagian kendaraan yang sering lupa dari perawatan yaitu pada bagian kampas rem. Rem adalah benda vital untuk menjaga kecepatan sebuah kendaraan agar tidak lepas kendali dan menghindari sebuah kecelakaan bagi pengendara. Nah, kali ini kami akan mengulas beberapa tips cara merawat agar kampas rem lebih awet dari sebelumnya. Yuk langsung saja simak berikut ini!

Cek Tromol

Tromol
Sumber: Shopee.co.id

Tromol adalah jenis pengereman untuk kendaraan. Rem tromol mempunyai kampas rem yang lebih luas dibandingkan rem cakram. Tidak hanya itu, rem ini jauh lebih halus untuk menghentikan sebuah kendaraan secara mendadak. Kualitas rem akan menurun jika kamu tidak merawatnya. Pengecekan pengereman dapat dilihat dari posisi tromol dibagian dudukan penampang  cakramnya. Sebelumnya, kamu harus membersihkan tromol serta semua bagian dudukan cakram.

Bersihkan Pin dan Kaliper Secara Rutin

Pin dan Kaliper
Sumber: oriellycc.com
Tips kedua, bersihkan bagian pin dan kaliper fleksibel pada kendaraan. Membersihkan bagian ini bertujuan agar rem mempunyai tekanan yang sama rata. Tapi, kamu harus memperhatikan jarak piringan dan kampas rem saat dibersihkan. Kamu juga harus perhatikan posisinya rem agar selalu tepat dengan roda dan sambil memperhatikan piringannya. Andaikan piringan tidak menyentuh, berarti itu sudah tepat.

Lumasi Bearing Roda

Bearing Roda
Sumber: gilaotomotif.com
Bearing roda adalah benda yang menghubungkan antara as roda dan tromol. Oleh karena itu, kamu juga harus selalu memperhatikan bearing dalam keadaan benar-benar baik. Cara untuk merawat bearing yaitu menggunakan cairan pelumas. Dengan cairan pelumas, gesekan keras pada bearing tidak akan terjadi. Jika terdapat adanya gesekan yang keras maka akan mengakibatkan rem cepat habis atau haus.

Mengganti Rem Minyak di jarak 20 Ribu km

Minyak Rem
Sumber: tribunnews.com

Dalam 1 tahun, kamu melakukan perjalanan jauh berapa kali? Pastikan kamu harus mengecek kilometer setelah menggunakan kendaraan tersebut. Jika perjalanan kamu sudah mencapai 20 Rb Km, upayakan harus melakukan penggantian minyak rem.Tujuan ini untuk menghindari penggumpalan minyak kadaluarsa yang akan menyumbatan di kabel rem. Biasanya, hal ini disebabkan oleh masuknya air. Meski kamu sudah menghindari jalan yang berair, tapi tetap saja air akan masuk ke sela-sela yang berada di sekitarnya. Misalnya ketika kamu sedang mencuci motor pasti akan ada air yang masuk lewat sela-sela lubang.

Mengganti Sebuah Bantalan Rem

Bantalan Rem
Sumber: liputan6.com
Bantalan rem adalah benda yang dipasang di dalam penjepit cakram. Akibat gesekan saat menggunakan rem cakram, otomatis bantalan ini akan menipis. Dalam hal itu, kamu harus cepat mengganti benda tersebut. Ingat, benda ini  harus cepat diganti bila sudah merasakan getaran saat kamu mengerem . Getaran itu seperti menimbulkan sebuah tarikan balik. Tidak hanya getaran, suara akan muncul ketika kamu melakukan pengereman. Jika terdapat bunyi (klik), berarti benda tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

Demikian pembahasan cara merawat kampas rem mobil dan motor supaya tidak cepat habis. Rem adalah nyawa bagi pengendara, tanpa rem laju kendaraan sulit dikendalikan. Jadi, jangan malas untuk perawatan rem supaya kamu bisa menjaga keselamatan di jalan.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Tips Jitu untuk Merawat Rem Motor dan Mobil agar Awet dan Tahan Lama!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.