Wednesday, November 20, 2019

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Dismenore

Jahe

Kram menstruasi, juga disebut dismenore, adalah nyeri haid yang normal di alami wanita yang tidak hanya mempengaruhi perut bagian bawah tetapi juga dapat menjalar ke punggung bagian bawah dan paha. Diduga disebabkan oleh kadar prostaglandin yang berlebihan (zat mirip hormon yang berkaitan dengan rasa sakit dan peradangan), kram menstruasi sering terjadi tepat sebelum dan selama beberapa hari pertama periode menstruasi wanita. Beberapa wanita juga mengalami buang air besar, sakit kepala, mual atau pusing.

Bagi banyak wanita, kram menstruasi terjadi tanpa kondisi kesehatan yang mendasarinya (seperti endometriosis). Tetapi jika mengalami kram yang teratur atau parah, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah menderita masalah kesehatan mendasar yang mungkin menyebabkan rasa sakit (seperti endometriosis, penyakit radang panggul, atau fibroid rahim).

Inilah empat jenis obat herbal yang direkomendasikan oleh praktisi pengobatan alternatif sebagai cara mengatasi kram perut saat haid.

Jahe
Ramuan penghangat ini dapat membantu meringankan kram dan meredakan masalah haid dengan menurunkan kadar prostaglandin penyebab rasa sakit (dan juga mengurangi kelelahan yang umumnya dikaitkan dengan sindrom pramenstruasi). Dalam sebuah studi tahun 2009, wanita yang mengonsumsi 250 mg jahe empat kali sehari selama tiga hari dari awal periode menstruasi mereka mengalami tingkat penghilang rasa sakit yang sama dengan anggota studi yang merawat kram menstruasi mereka dengan ibuprofen.

Herbal Cina
Dalam laporan 2008, para ilmuwan meneliti (melibatkan total 3.475 wanita) dan menyimpulkan bahwa ramuan Cina dapat mengurangi kram menstruasi lebih efektif daripada obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Sebagian besar peserta studi diberikan formula yang mengandung lima atau enam herbal (digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok), seperti akar angelica Cina, buah adas, akar licorice, kulit kayu manis, dan akar peony merah. Tinjauan itu mengatakan bahwa terdapat "bukti yang menjanjikan" tetapi dalam percobaannya tidak begitu buruk.

Adas
Ramuan dengan rasa seperti licorice dan tekstur renyah seperti seledri, adas mengandung anethole (senyawa dengan efek anti kejang) yang dapat membantu meredakan kram menstruasi pada beberapa wanita. 

Pycnogenol (Ekstrak Kulit Pinus Maritim Perancis)
Diekstrak dari kulit pohon pinus, suplemen Pycnogenol ditemukan menunjukan dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi kebutuhan untuk obat nyeri analgesik di antara sekelompok wanita dengan kram menstruasi dalam satu studi 2008.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Dismenore
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.