Tuesday, December 31, 2019

Merawat Anak Saat Pilek dan Flu

Go Apotik

Sistem kekebalan tubuh anak masih belum sempurna sehingga mudah diserang penyakit. Terutama penyakit pilek dan flu, sangat sering diderita oleh anak-anak. Jika sudah begini, sebagai orang tua Anda harus mampu memberikan perawatan terbaik supaya gejalanya cepat diatasi dan si kecil kembali ceria.

Merawat anak saat sakit bukan pekerjaan yang mudah. Berbeda dengan orang dewasa, ketika sakit masih bisa mengandalkan dirinya sendiri. Mereka paham kapan harus makan, beristirahat, dan minum obat. Sedang anak-anak yang sakit biasanya cenderung rewel dan susah makan sehingga Anda harus selalu siap saat dia membutuhkan pertolongan.

Tips Merawat Anak Saat Pilek dan Flu

1. Kenali gejalanya
Anda perlu memahami bahwa pilek dan flu merupakan dua penyakit yang berbeda meskipun keduanya sama-sama menyerang saluran pernapasan. Supaya lebih memahami perbedaannya, Anda harus memperhatikan gejala yang muncul pada si kecil sehingga tidak salah dalam mendiagnosa. Ini memudahkan dalam memberikan perawatan sehingga gejala cepat diatasi.

2. Sering-sering cek suhu tubuh ketika demam
Anak-anak lebih sering demam jika sedang terjangkit flu atau pilek dibandingkan orang dewasa. Ini sebagai tanda bahwa tubuh anak Anda sedang bereaksi terhadap infeksi virus flu atau pilek. Sangat penting untuk memperhatikan demam anak. Jika demam sudah lebih dari tiga haru dan mencapai 38 derajat atau lebih, segera bawa si anak ke dokter.

3. Beri obat sesuai dengan gejala
Memiliki gejala berbeda, flu dan pilek juga memiliki obat yang beda. Kalau anak Anda menderita pilek, berikan dia obat pilek untuk anak. Jika hidung tersumbat berikan obat untuk hidung tersumbat jangan yang diformulasikan untuk batuk dan gejala lain. Patuhi aturan pakai yang tertera di dalam obat, dan cermati dengan benar sebelum memberikannya kepada anak.

4. Beri asupan air yang cukup
Untuk mengatasi pilek dan flu, bisa dengan mengkonsumsi banyak air putih. Ini bermanfaat mengencerkan ekstrak lendir yang mengental. Bisa berikan minuman hangat seperti teh dengan campuran lemon guna melegakan pernafasan. Berikan minum  sedikit demi sedikit jangan terlalu banyak dalam sekali minum.

5. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup membantu anak cepat pulih dari penyakitnya. Jika orang dewasa sering mencari obat pilek ampuh yang tidak ngantuk, efek mengantuk pada obat justru baik untuk anak. Ini akan memaksa anak untuk istirahat. Sebab saat sakit, anak biasanya juga akan sulit tidur karena badan tidak nyaman.

Semoga bermanfaat!

Bagikan

Jangan lewatkan

Merawat Anak Saat Pilek dan Flu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.