Tuesday, April 14, 2020

Seputar Pendaftaran Kartu HP yang Harus Dipahami Pemilik Kartu

Kartu Sim Smartfren

Ada banyak alasan mengapa pemerintah lantas mencanangkan aturan kewajiban registrasi kartu bagi para pemilik kartu SIM. Jika dulu aturan ini hanya bersifat himbauan saja, maka kini aturan tersebut sudah bersifat wajib dan mengikat. Kewajiban ini dikeluarkan sejak tanggal 31 Oktober tahun 2017. Tidak ada deadline untuk melakukan kewajiban ini. Kapanpun Anda melakukan pembelian kartu SIM, maka untuk menggunakannya Anda harus mendaftarkan nomor terlebih dulu.

Dokumen Apa yang Dibutuhkan untuk Daftar Kartu SIM
Ada dua dokumen penting yang harus Anda masukkan datanya saat melakukan pendaftaran kartu. Dokumen penting pertama adalah nomor NIK KTP dan dokumen kedua yakni nomor KK. Lantas, banyak orang yang bertanya bagaimana jika mereka belum memiliki e-KTP atau KTP masih dalam proses pembuatan di Dukcapil?

Masalah hal tersebut sebenarnya tidak perlu dipikirkan. Pasalnya, menurut Zudan Arif yang merupakan Dirjen Dukcapil, keberadaan e-KTP tidaklah wajib karena yang penting adalah NIK tersebut. Untuk mengetahui NIK sebenarnya bisa dilakukan selain dari E-KTP yakni melalui KK. NIK sendiri adalah identitas resmi secara negara yang melekat pada seseorang yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Adakah Sanksi Apabila Tidak Mendaftar Kartu?
Sanksi secara pidana dan perdata memang tidak akan diberikan ke mereka yang tidak melakukan pendaftaran nomor kartu SIM. Namun, sanksi yang ditetapkan oleh pemerintah adalah dalam bentuk pemblokiran. Pemerintah melalui MENKOMINFO menetapkan bahwa pengguna baru yang tidak mendaftarkan nomor kartu SIM maka kartu tidak dapat digunakan.

Sementara untuk pengguna lama juga akan mendapat masalah yakni blokir bertahap. Apabila hingga tanggal 28 Februari 2018 pengguna tidak mendaftar, maka blokir bertahap berupa blokir panggilan masuk, blokir panggilan keluar dan blokir kirim pesan singkat akan dilakukan.

Keamanan Menyerahkan Informasi Nomor KK dan NIK
Zudan Arif yang merupakan Dirjen Dukcapil menjamin bahwa setiap data yang diberikan berupa NIK dan nomor KK akan aman dan tidak bocor. Data tersebut juga disimpan di dalam server Dukcapil dan tidak akan disalahgunakan oleh pihak ketiga seperti operator.

Informasi lebih lengkap terkait kartu Smartfren bisa diperoleh dari alamat www.smartfren.com.

Bagikan

Jangan lewatkan

Seputar Pendaftaran Kartu HP yang Harus Dipahami Pemilik Kartu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.