Tuesday, November 17, 2020

Kenapa Ya Mesin Mobil Tiba-tiba Mati Saat Sedang Berkendara?

 

Mobil Bekas Mocil

Pandemi tidak menyurutkan minat masyarakat untuk membeli kendaraan roda empat. Bahkan, penjualannya justru mengalami kenaikan, khususnya di Mocil. Apalagi, harga mobil bekas di Mocil dianggap lebih bersahabat karena itulah semakin diminati masyarakat Indonesia.

Meskipun demikian, ketika memutuskan untuk membeli sebuah mobil, Anda harus siap dalam perawatannya, terutama bagian mesin. Sebab, jika tidak diurus dengan baik maka bisa berdampak buruk pada mobil, salah satunya mobil tiba-tiba mati. 

Jika Anda di rumah tentu tidak masalah, tapi yang gawat adalah jika berada di tengah perjalanan dan bengkel masih jauh dari lokasi tentunya akan menyulitkan Anda untuk melakukan perbaikan. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya ketahui faktor-faktor yang membuat mesin mobil berhenti secara tiba-tiba, yakni:

- Overheating. Saat bahan bakar terbakar maka terjadi perubahan energi, yakni energi kimia menjadi energi panas. Mesin akan mengubahnya menjadi energi mekanik yang mampu menggerakkan mobil. Nah, jika suhu panas di ruang mesin melebihi batas normal biasanya piston akan meleleh, yang mana kondisi seperti ini bisa menyebabkan mobil mengalami overheat.

- Tangki bahan bakar tidak terisi. Tidak memerhatikan pengukur bahan bakar ketika berkendara? Hindari kebiasaan itu mulai sekarang. Sebab, apabila bahan bakar di mobil Anda habis, tentu saja membuat mesin mobil tidak bisa dinyalakan. 

- Konverter katalitik tersedak. Konverter katalitik merupakan bagian paling penting dalam sistem pembuangan. Komponen ini berfungsi menjaga supaya knalpot mobil tetap bersih. Tapi, apabila terdapat banyak kotoran pada bahan bakar melampaui yang bisa ditangani oleh konverter, maka bisa mengakibatkan konverter tersedak dan menyebabkan mobil mogok. 

- Alternator bermasalah. Alternator berperan dalam mengatur pasokan listrik kendaraan. Jadi, bila mobil mogok tiba-tiba, kemungkinan alternatornya rusak. Jika alternator rusak, maka pasokan daya ke bagian-bagian penting mobil akan tersendat. Inilah yang menjadi salah satu penyebab lampu dasboard mati bahkan mengakibatkan mesin mobil kehilangan daya.

- Sistem pengapian bermasalah. Sistem pengapian bertugas memasok daya ke mesin. Apabila sistem ini bermasalah, maka mesin mobil bisa berhenti secara mendadak. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara memutar ulang kunci mobil. Tapi, jika tetap tidak bisa, berarti sistem pengapian mengalami kegagalan. Solusi paling tepat adalah berkonsultasi dengan ahlinya.

- ECU bermasalah. ECU adalah komputer kecil yang memandu berbagai sistem serta fungsi mobil. Jika ECU bermasalah yang ditandai dengan lampu periksa engine menyala, maka mobil biasanya akan kehilangan daya. Jika mengalami ini, sebaiknya bawa langsung mobil ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih baik. 

- Baut longgar. Meski tidak sering terjadi, namun baut yang longgar bisa menyebabkan mesin mobil bergetar dan tidak berfungsi dengan baik. Mesin pun bisa aus dan membuat sekrupnya lepas. Hal ini tentu bisa mengakibatkan mesin rusak karena itu pastikan tidak ada baut mobil yang longgar agar tidak menimbulkan masalah tersebut.

Senantiasa mengecek kondisi mobil sebelum bepergian tentu saja dapat membantu Anda terhindar dari mobil mogok maupun mati di tengah perjalanan. Jangan lupa juga service kendaraan secara rutin untuk mengetahui kondisinya dan agar dapat segera ditangani bila terjadi masalah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kenapa Ya Mesin Mobil Tiba-tiba Mati Saat Sedang Berkendara?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.