Friday, May 7, 2021

Perencanaan Keuangan Agar Bahagia di Hari Tua

Perencanaan Keuangan

Melansir dari parenting.co.id, membuat perencanaan keuangan yang baik untuk kehidupan di masa yang akan datang ibarat memiliki sebuah GPS. Pasalnya, keberadaan perencanaan ini akan membantu Anda menyadari dari mana harus memulai dan mau pergi ke mana nantinya. Apakah memulainya dengan membeli asuransi yang komprehensif yang memberikan perlindungan secara menyeluruh dan maksimal atau berinvestasi di beberapa instrumen investasi. Semuanya tergantung pada Anda, nyamannya memilih yang mana. 

Meskipun begitu, Anda tetap harus mempersiapkannya dengan matang dan menerapkan beberapa kebiasaan keuangan berikut untuk mendapatkan hasil yang maksimal, di antaranya:

1. Cermat dalam berutang

Mengutip laman cermati.com, utang menjadi salah satu penyebab gagalnya seseorang mengatur keuangan. Terlebih, sekarang, hadir fasilitas kredit hingga kartu kredit yang semakin memudahkan seseorang untuk mengajukan pinjaman utang. 

Meskipun demikian, Anda sebenarnya tidak dilarang untuk berutang mengingat banyaknya kebutuhan hidup yang harus Anda penuhi. Asalkan Anda cermat dalam berutang dan jangan sampai utang tersebut melebihi penghasilan Anda. Sebaiknya, utang yang Anda miliki tidak melebihi 30% penghasilan. 

2. Membeli asuransi

Selagi muda, sebaiknya sisihkan sebagian penghasilan yang Anda dapatkan untuk asuransi. Memiliki asuransi, tentunya Anda akan terproteksi dengan baik dan tidak akan kebingungan lagi mencari dana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Anda. Misalnya saja, jatuh sakit, apabila Anda memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan, misalnya, maka Anda tentu bisa langsung menggunakan asuransi tersebut untuk biaya berobat. 

Atau, meninggal dunia, jika sudah memiliki asuransi jiwa tentunya keluarga yang ditinggalkan tidak akan kewalahan lagi memikirkan hidupnya di masa yang akan datang karena mendapatkan perlindungan finansial dari asuransi jiwa Anda. 

3. Menabung dan berinvestasi

Tabung dan depositokanlah sebagian dari penghasilan Anda. Dengan adanya tabungan ataupun deposito, Anda nantinya tidak akan kewalahan lagi mencari dana ketika ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. 

Atau, jika mau, Anda juga bisa berinvestasi di beberapa instrumen investasi seperti reksa dana, asuransi jiwa unit link, emas, properti, dan lainnya. Dengan memilih produk investasi, maka memberikan banyak keuntungan untuk Anda misalnya saja menghindari inflasi, mempersiapkan dana pensiun, mempersiapkan biaya pendidikan anak, mempersiapkan biaya pernikahan, dan masih banyak yang lainnya. 

4. Proteksi aset yang dimiliki

Jika Anda memiliki aset berharga seperti gedung, kantor, rumah, maupun bisnis, maka Anda wajib memproteksi aset-aset tersebut dengan asuransi properti. Pasalnya, dengan memproteksikannya, maka Anda akan mendapatkan jaminan dari pihak asuransi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang mengakibatkan aset tersebut rusak atau bahkan hilang. 

Ganti rugi yang dialami sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi bahkan ketika aset seperti rumah, misalnya, rusak akibat bencana maka pihak asuransi akan memperbaiki rumah Anda seperti sediakala. 

Itu dia beberapa perencanaan keuangan yang bisa Anda terapkan agar bahagia di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat, ya!


Bagikan

Jangan lewatkan

Perencanaan Keuangan Agar Bahagia di Hari Tua
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.