Thursday, June 24, 2021

Cara Mengakses Jaringan pada Nirkabel

 

Nirkabel

Cara Mengakses Jaringan pada Nirkabel - Anda akan memerlukan perangkat berkemampuan jaringan nirkabel seperti laptop, tablet, smartphone, dll. Anda juga harus berada dalam radius transmisi titik akses jaringan nirkabel. 


Sebagian besar perangkat (jika opsi jaringan nirkabel diaktifkan) akan memberi Anda daftar jaringan yang tersedia. Jika jaringan tidak dilindungi kata sandi, maka Anda hanya perlu mengklik sambungkan. Jika dilindungi kata sandi, maka Anda akan memerlukan kata sandi untuk mendapatkan akses.


Otentikasi Jaringan Nirkabel

Karena jaringan mudah diakses oleh semua orang dengan perangkat berkemampuan jaringan nirkabel, sebagian besar jaringan dilindungi kata sandi. Mari kita lihat beberapa teknik otentikasi yang paling umum digunakan. Nah untuk itu Anda bisa kunjungi Gravityevos untuk info penting lainnya.


WEP

WEP adalah singkatan dari Wired Equivalent Privacy. Ini dikembangkan untuk standar IEEE 802.11 WLAN. Tujuannya adalah untuk memberikan privasi yang setara dengan yang disediakan oleh jaringan kabel. WEP bekerja dengan mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan agar tetap aman dari penyadapan. 


Bagaimana Cara Mengakses Jaringan pada Nirkabel?

Otentikasi WEP

Open System Authentication (OSA)  metode ini memberikan akses ke otentikasi stasiun yang diminta berdasarkan kebijakan akses yang dikonfigurasi. Shared Key Authentication (SKA)  Metode ini mengirimkan tantangan terenkripsi ke stasiun yang meminta akses. Stasiun mengenkripsi tantangan dengan kuncinya kemudian merespons. Jika tantangan terenkripsi cocok dengan nilai AP, maka akses diberikan.


Kelemahan WEP

WEP memiliki kelemahan dan kerentanan desain yang signifikan. Berikut kelemahan yang dimiliki oleh WEP:


Integritas paket diperiksa menggunakan Cyclic Redundancy Check (CRC32). Pemeriksaan integritas CRC32 dapat dikompromikan dengan menangkap setidaknya dua paket. Bit dalam aliran terenkripsi dan checksum dapat dimodifikasi oleh penyerang sehingga paket diterima oleh sistem otentikasi. Hal ini menyebabkan akses tidak sah ke jaringan.


WEP menggunakan algoritma enkripsi RC4 untuk membuat stream cipher. Input stream cipher terdiri dari nilai awal (IV) dan kunci rahasia. Panjang nilai awal (IV) adalah 24 bit sedangkan kunci rahasia bisa 40 bit atau 104 bit . Panjang total nilai awal dan rahasia bisa 64 bit atau 128 bit. Nilai kunci rahasia yang mungkin lebih rendah membuatnya mudah untuk diretas .


Kombinasi nilai awal yang lemah tidak cukup mengenkripsi . Hal ini membuat mereka rentan terhadap serangan.


WEP didasarkan pada kata sandi. ini membuatnya rentan terhadap serangan kamus .


Manajemen kunci diimplementasikan dengan buruk . Mengubah kunci terutama pada jaringan besar itu menantang. WEP tidak menyediakan sistem manajemen kunci terpusat.


Nilai awal dapat digunakan kembali


WPA

WPA adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access . Ini adalah protokol keamanan yang dikembangkan oleh Wi-Fi Alliance sebagai tanggapan atas kelemahan yang ditemukan di WEP. Ini digunakan untuk mengenkripsi data pada 802.11 WLAN. Ini menggunakan Nilai Awal 48 bit yang lebih tinggi daripada 24 bit yang digunakan WEP. Ini menggunakan kunci temporal untuk mengenkripsi paket.


WPA memiliki kelemahan dan kerentanan. Berikut kelemahan yang dimiliki oleh WPA:


Kelemahan WPA

Implementasi penghindaran tabrakan dapat dipatahkan

Ini rentan terhadap serangan penolakan layanan

Kunci pra-berbagi menggunakan frasa sandi. Frasa sandi yang lemah rentan terhadap serangan kamus.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Jaringan Nirkabel semoga membantu pencarian anda dalam artikel ini dan semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengakses Jaringan pada Nirkabel
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.