Thursday, August 19, 2021

Agar Tak Salah Pilih, Ketahui Ini Dulu Sebelum Membeli Asuransi Jiwa Investasi!

 

Asuransi Jiwa Investasi


Asuransi unit link merupakan produk yang menggabungkan manfaat asuransi jiwa dan investasi sekaligus dalam satu produk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan dua manfaat lewat satu produk keuangan saja.


Dua Manfaat Sekaligus dalam Asuransi Unit Link

Agar dapat merasakan kedua manfaat tersebut, premi yang Anda bayarkan setelah asuransi unit link Anda aktif akan dialokasikan untuk dua kebutuhan: premi untuk perlindungan asuransi, dan dana investasi yang akan dikelola ke dalam instrumen investasi pilihan.

Akan tetapi, apakah Anda sebagai pemegang polis bisa memilih apa instrumen investasi di mana dana akan ditempatkan? Tentu saja bisa, dan Anda juga bisa memilih sesuai dengan profil risiko, karakteristik Anda, beserta rencana atau tujuan keuangan yang Anda kehendaki lewat investasi tersebut.

Sebagai contoh, Anda bisa pilih untuk menempatkan dana di reksadana campuran atau pasar uang, sesuai dengan preferensi Anda. Kuncinya adalah mengenal dulu apa saja instrumen investasi beserta plus-minusnya agar Anda bisa menentukan pilihan yang dirasa paling pas untuk Anda.


Pahami Produk Setelah Mantap Memilih

Kepraktisan dan kemudahan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang lantas memilih untuk membeli polis asuransi unit link. Pasalnya, mereka pun jadi bisa berinvestasi meskipun tidak punya cukup pengalaman sekalipun. Apalagi, dana investasinya akan dikelola oleh manajer investasi profesional dari perusahaan asuransi tempat Anda membeli polis asuransi unit link tersebut.

Meski demikian, Anda perlu ketahui sejak awal bahwa tidak ada investasi yang bisa memberikan jaminan berhasil dan untung sebesar 100%. Sebab, akan selalu ada risiko di dalam dunia investasi yang perlu Anda pertimbangkan pula dengan masak. Salah satunya adalah risiko fluktuasi pasar modal.

Lantas, apakah artinya Anda bisa langsung membatalkan keinginan untuk membeli asuransi unit link? Tentu saja tidak. Karena meskipun memang ada risiko investasi, sebenarnya produk asuransi ini sangat fleksibel. Dengan begitu, Anda bisa tambah, tarik dana, hingga alihkan dana sesuai kebutuhan Anda dengan mudah. Ditambah lagi, produk asuransi unit link juga menawarkan fasilitas cuti premi yang tentu akan menguntungkan Anda dalam situasi tertentu.


Tips Memilih Asuransi Jiwa Unit Link

Apakah Anda semakin mantap untuk membeli asuransi unit link? Sebelumnya, perhatikan dulu beberapa tips penting berikut ini yang dilansir dari halaman resmi OJK, ya!

Pastikan bahwa asuransi unit link yang akan Anda beli sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Ingat bahwa asuransi bukan multi-level marketing (MLM). Jadi, produk asuransi yang menjanjikan iming-iming komisi jelas bukan produk asuransi legal.

Baca polis dengan cermat dan teliti untuk memahami segala persyaratan dan ketentuan asuransi, hak, dan tanggung jawab Anda sebagai tertanggung maupun perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Pilih produk asuransi unit link yang benar-benar sesuai kebutuhan serta kemampuan Anda dan hindari resiko berhutang untuk membayar polis.

Asuransi juga bukan merupakan produk tabungan, sehingga waspada iming-iming imbal hasil yang besar. Catat sekali lagi bahwa asuransi unit link adalah produk yang menggabungkan asuransi dan investasi, sehingga memiliki risiko fluktuasi.

Minta agen asuransi untuk menunjukkan sertifikasi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) untuk memastikan bahwa agen tersebut adalah agen resmi dan terpercaya.

Pertimbangkan pula risiko dan konsekuensi dengan menyetujui penggunaan data Anda oleh pihak perusahaan asuransi.

Pada akhirnya, asuransi unit link memang menawarkan manfaat ekstra. Meski begitu, Anda perlu pahami produk ini dengan baik dan pilih dengan bijak agar Anda tak salah pilih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Agar Tak Salah Pilih, Ketahui Ini Dulu Sebelum Membeli Asuransi Jiwa Investasi!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.